Concert Review: Jason Mraz – Special Acoustic Evening with Toca Rivera Live in Bali (2011)

Belum genap dua bulan pasca konser Linkin Park, rabu 9 November  lalu, saya mendapat kesempatan untuk menyaksikan konser Jason Mraz di Bali. Seorang teman, memberikan tiket gratis untuk saya di kelas VIP (thx you,Tita). Dan konser Jason Mraz ini dapat saya katakan adalah konser ternyaman yang pernah saya tonton. Konser ini bertempat di Taman Bhagawan, di daerah Tanjung Benoa, Nusa Dua, dimana kali ini saya beruntung karena Jason Mraz memilih Bali sebagai tempat konsernya, Thank You so much Jason (and Toca Rivera).

Sebelum konser, semua penonton yang akan menuju ke venue pasti akan sedikit stress karena kemacetan yang luar biasa. Perjalanan dari rumah saya ke venue yang seharusnya memakan waktu hanya 1 jam, menjadi hampir 2,5 jam. Sesampai di Taman Bhagawan, untuk masuk penonton diharuskan menjalani 3x pengecekan tiket. Dan ternyata sebagian besar penonton adalah turis asing. Sebagian penonton juga berasal dari luar Bali dan banyak terdapat artis-artis Indonesia di kelas VIP (dimana saya sempat bertemu dan berfoto dengan artist Indonesia fave saya, Julie Estelle), dan lagu Mraz terbaru The World As I See IT menjadi lagu pembuka konser, yang mana saat itu saya dan ribuan atau ratusan orang lainnya masih mengantri di luar mulai menjadi panik (LOL).

Sesampai di VIP Class, saya yang terlewat 2 lagu, karena panjangnya antrian, disambut dengan lagu  If It Kills Me, yeah Jason, you’re killed me with your amazing performance! semua lagu ditampilkan secara akustik dengan bantuan Toca Rivera, dengan alat tabuhnya, yang saya tidak tau apa namanya. Dilanjutkan dengan lagu Make It Mine, dan encore Moon/Lucky. Jason menyanyikan Lucky sendiri, dengan mengubah-ubah suaranya pada bagian colbie caillat, female voice or something, and it was fantastic, audience are laughed happily. You and I Both dan Remedy juga dimainkan, yang mana, dua lagu dari album pertama mraz ini adalah juga menjadi lagu favorit saya. Semua penonton sangat semangat ikut bernyanyi di bagian refrain (termasuk saya tentunya),  penonton dengan santai ikut bergoyang, bahkan di belakang saya ada pasangan artis (yang saya tidak tau namanya) berpelukan sambil menikmati konser, so sweet kan?

Mr. Curiousity menjadi lagu selanjutnya, dibawakan dengan penuh penjiwaan oleh Mraz, yang menurut saya ini adalah performance terbaik (diantara yang terbaik) dari konser malam itu. Jason bisa mengontrol suaranya sambil fasih bermain gitar (di semua lagu), dan menyertakan opera part cukup panjang (lebih panjang dari versi studio lagu Mr. Curiousituy sendiri), dan saya speechless…..He has amazing vocal ability ! semua penonton bertepuk tangan (yang saya yakin mereka juga se-speechless saya).

Setelah beberapa lagu, Butterfly akhirnya ditampilkan penonton (khususnya saya) seperti juga menjadikan lagu ini sebagai lagu wajib untuk disaksikan secara live. Dirty and sexy lyrics (my thought), Jason totally nailed it, with amazing vocal ability and music performance. This is called the REAL ARTIST! Jason sendiri terlihat sangat santai, dia hanya memakai kaos, jeans, dan bandana/topi. Berkali kali ia mengganti gitar, dan mengucapkan kata-kata bahasa Indonesia dan Jepang (why Japan?).

Im Yours dan Life is Wonderful menjadi dua lagu penutup. Semua penonton  bernyanyi bersama saat Im Yours dilantunkan, dan Jason juga sempat bercanda, memainkan vocalnya di tengah-tengah lagu, yes, Jason memang bisa membuat versi-versi berbeda dari suara, its pretty cool!

Meski simple dengan music akustik, namun  menurut saya, konser ini berlangsung nyaris sempurna, vocal Jason Mraz yang sempurna (seriously, his live performance are better than his recordings!) mampu menghiptonis semua penonton yang sangat enjoy menikmati performancenya selama konser berlangsung.

Suasana dalam venue yang sangat nyaman menambah kesempurnaan konser ini, dibelakang stage adalah pantai, dan membuat penonton sangat nyaman karena tidak kepanasan. Namun jalan raya menuju venue dan parkir adalah nightmare, kemacetan terbayar dengan kesempurnaan konser ini.

Final Thought:

Although I like Jason since 2003 (a fan since Remedy), but after this concert, im officially no more like, but IN LOVE, and turned into a super big fan, he was fantastic and real artist! He can do anything; sing pop, opera, rap and tricks with his voice. I love everything about HIM!

Thanks for the amazing concert, the best live performance I have ever seen in all years!! Please back to Indonesia (esp. Bali) LOVE YOU! :*

SETLIST:

The World As I See It, No Doubling Back, If It Kills Me, Make It Mine, Moon/Lucky, Little You and I, You and I Both, Curbside/Remedy, Love For A Child, Plane, Only Human, Bottom of The Sea, Living In A Moment, The Longest Day of The Year, Butterfly, 0% Intererst, The Women I Love, I Wont Give Up, 93 Million Miles, I’m Yours, Life Is Wonderful

Leave a Reply

