Movie Review: Black Swan

Sutradara : Darren Aronofsky

Pemain : Natalie Portman, Vincent Cassel, Mila Kunis

Review:

Pada Jumat malam lalu (11/03/2011) keinginan saya menonton Black Swan akhirnya kesampaian juga, meski tidak melihatnya secara langsung di bioskop, karena film ini hanya tayang di beberapa bioskop di kota-kota besar saja.

Nina Sayers (Natalie Portman) adalah seorang ballerina di New York Dance Company yang sangat mengimpikan menjadi ballerina yang sempurna. Nina mampu membawakan segala gerakan-gerakan balet yang rumit dengan indah dan sempurna, namun tak ada jiwa dalam setiap gerakannya seperti yang dikatakan sutradara pementasannya Thomas Leroy (Vincent Cassell) menunjuknya sebagai Swan Queen.

Bagi Nina, Swan Queen adalah peran yang sangat ia impikan. Dalam memerankan Swan Queen, Nina dituntut untuk dapat memerankan 2 peran sekaligus, yakni sebagai White Swan yang penuh kepolosan, yang mana ia dapat membawakan dengan baik, dan sebagai Black Swan, dimana karakter Black Swan amat bertolak belakang dengan dirinya.  Karakte Black Swan yang gelap, menggoda, dan pnuh gairah dan jiwa membuat Nina kesulitan untuk memasuki karakter tersebut. Apalagi Nina adalah seorang yang introvert, kurag membuka diri dan rapuh. Kedatangan ballerina baru Lilly (Mila Kunis) membuat intrik rivalitas semakin panas dalam film ini

Meski saya sebelumnya belum pernah menyaksikan satupun film karya Darren Aronofsky (Requiem For A Dream, The Fountain, The Wrestler), namun yang saya dapat katakana adalah bahwa ini merupakan salh satu film thriller psikologis favoritsaya selama tahun 2010/2011.  Mungkin ketika membaca synopsis film ini orang akan beranggapan ini hanyalah film tentang cerita ballerina biasa, namun film ini justru menjadikan kesederhanaan cerita menjadi sesuatu yang kompleks dan penuh intrik. Banyak aroma horror menghiasa film ini, banyak moment moment yang tak terbayangkan, suasana gelap dan erotis, sinematografi yang membuat amazed, koreografi yang indah, music yang benar benar sempurna, serta para pemain yang berakting sangat menawan menawan. Natalie Portman, yang sempat mendapat nominasi Oscar 2006 lalu lewat film Closer, kali ini sangat sempurna membawakan karakter Nina Sayers dengan sempurna, sehingga ia memenangkan Best Actrees di ajang Oscar 2011 lalu.  I love  Natalie, she is  a great actrees, really adore her! Mungkin yang sedikit mengganggu saya adalah adegan fantasi lesbian antara Nina dan Lily (sorry, as i straight women, i prefer watching gay scene over lesbian scene LOL )

30 menit terakhir dalam film ini dapat dikatakan adalah klimaks cerita, yang mana membuat saya merinding dan takjub dengan pementasan  Black Swan.

So, Black Swan benar-benar film yang wajib anda tonton, really recommended!

And my final thought review :

Black Swan is an incredible movie from beginning to the end, its a masterpiece!  the entire cast is excellent, and Natalie Portman, hands down, the best acting performance of the year!

Rate: 8.5/10 (A)

Advertisements

2 thoughts on “Movie Review: Black Swan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s